5 Jurusan Kesehatan Terbaik Selain Kedokteran
0 Comments

Bagi sebagian besar calon mahasiswa, salah satu jurusan yang paling ingin mereka tuju adalah pendidikan dokter atau kedokteran. Ribuan calon mahasiswa berbondong-bondong memilih kedokteran baik di SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lainnya. Tapi sebenarnya bukan hanya kedokteran yang jadi jurusan terbaik di bidang kesehatan lho.

Artikel ini kami tulis sebagaio referensi kamu yang memang ngebet banget untuk kuliah di bidang kesehatan. Karena persaingan untuk masuk kedokteran sangat tinggi, kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk ke beberapa jurusan di bawah ini. Atau paling tidak sebagai pilihan kedua atau ketigamu dalam seleksi.

Pendidikan Dokter Gigi

Selain kedokteran, jurusan pendidikan dokter gigi juga merupakan jurusan terbaik di rumpun kesehatan atau medika. Berbeda dengan pendidikan dokter yang lebih umum, pendidikan dokter gigi tentu hanya belajar untuk kesehatan gigi dan yang terkait. Karena materi lebih sempit, tentu belajarnya juga tidak terlalu sulit.

Psikologi

Kalau bicara kesehatan tentu bukan hanya kesehatan fisik saja, kesehatan jiwa dan psikis juga penting. Karena berapa banyak orang di luar sana yang fisiknya bugar tapi jiwanya sakit. Jurusan psikologi dapat menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang memang ngebet kuliah di jurusan kesehatan.

Keperawatan

Ada dokter tentu juga ada perawat. Karena apalah arti dokter tanpa perawat. Jumlah dokter dan perawat di rumah sakitpun lebih banyak perawat. Oleh karena itu, bagi kamu yang memang berniat berkarir sebagai profesional di bidang kesehatan, jurusan satu ini layak untuk kamu pertimbangkan.

Farmasi

Hampir di tiap perguruan tinggi, jurusan farmasi selalu ramai peminat. Bisa dibilang farmasi adalah jurusan kedua terfavorit setelah kedokteran. Di farmasi kamu akan belajar mengenai asal-usul obat-obatan dan segala seluk-beluknya.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Jurusan terakhir dalam daftar ini adalah kesehatan masyarakat. Ilmu kesehatan masyarakat itu sangat luas dan sangat penting keberadaannya dalam masyarakat. Mulai dari edukasi kesehatan masyarakat hingga ke manajemen rumah sakit. Jurusan ini layak banget kamu coba. Namun jika kamu masih belum kenal jurusan ini, kamu bisa baca lebih lengkap di sini: http://pelajar.me/jurusan-kesehatan-masyarakat-itu-seperti-apa/

Nah, itulah tadi 5 jurusan kesehatan terbaik selain kedokteran. Barangkali ada salah satu yang menarik minat kamu. Namun sebelum memilih kami sarankan untuk kepo se kepo-keponya dengan jurusan kuliah yang akan kamu pilih. Pasalnya, banyak juga mahasiswa di Indonesia ini yang salah jurusan dan itu akan mempersulit mereka mencapai kelulusan. Semoga beruntung.

shares