3 Tahapan Fase pada Siklus dan Proses Menstruasi

Sebagai seorang wanita, pastinya akan mengalami yang namanya menstruasi. Hal tersebut menjadi suatu tanda bahwa seorang wanita telah memasuki usia kedewasaan. Dalam proses menstruasi tersebut terdapat beberapa fase yang harus dilewati. …

Tips Dapatkan Dress Anak Perempuan Cantik, Jangan Lupa Beli di Blibli ya!

Dress anak perempuan adalah salah satu item yang pastinya muncul dalam benak moms ketika ingin memberikan baju lebaran untuk buah hatinya. Dress bukan hanya pas dikenakan pada acara formal. Ada juga …

4 hal unik yang bisa kamu temukan di Karawang

Menjadi kabupaten yang memiliki UMR tertinggi di Indonesia, Karawang memiliki banyak sekali perusahaan besar yang biasanya karyawan mereka memiliki gantungan id card untuk menunjukkan identitas mereka masing-masing. Maka dari itu untuk …

5 Manfaat Kopi Hitam tanpa Gula untuk Otak
0 Comments

Manfaat kopi hitam tanpa gula bisa dirasakan jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Bagi sebagian orang, kopi pahit justru bisa memberikan energi dan menambah semangat untuk beraktivitas. Biasanya golongan orang seperti ini sudah terbiasa dengan rasa pahit kopi dan malah tidak terlalu suka minum kopi manis dengan beragam varian topping.

Khasiat Kopi bagi Otak

Konsumsi kopi hitam diketahui bisa mendatangkan banyak manfaat, khususnya bagi otak di kepala kita. Berikut adalah beberapa manfaat kopi hitam pahit bagi kesehatan otak Anda.

1.     Meningkatkan Fokus

Meminum secangkir kopi hitam yang pahit bisa membantu meningkatkan fokus Anda. Kopi ini diketahui bisa mengaktifkan neurotransmitter yang ada pada otak. Hal ini akan berpengaruh pada semakin tajamnya konsentrasi Anda. Jika Anda meminum kopi hitam sebelum bekerja, maka otak akan lebih mudah fokus dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

2.     Meningkatkan Fungsi Otak

Kopi hitam yang punya rasa pahit bisa membantu memblokir adenosine. Setelah pemblokiran adenosine, maka neurotransmiter lain yang bermanfaat bisa diaktifkan. Fungsi inilah yang membuat kopi hitam bisa membantu meningkatkan fungsi otak Anda. Konsumsi kopi hitam bisa membuat Anda bisa berpikir lebih jernih dan cepat. Otak pun bisa bekerja lebih efektif dan tepat sesuai dengan tujuan.

3.     Meningkatkan Daya Ingat

Menurut penelitian, salah satu manfaat kopi hitam tanpa gula adalah semakin kuatnya daya ingat seseorang. Mereka yang rutin mengonsumsi kopi pahit diketahui memiliki daya ingat yang lebih bagus. Hal ini masih berhubungan dengan manfaat kopi hitam yang mampu meningkatkan fungsi otak. Kerja otak untuk mengingat berbagai macam hal bisa dioptimalkan lewat jenis minuman pahit ini.

4.     Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit yang berhubungan dengan menurunnya fungsi otak dan daya ingat adalah alzheimer. Penyakit ini juga sering disebut sebagai penyakit pikun. Tidak hanya menyerang orangtua, namun penyakit ini juga bisa ditemukan pada anak muda. Konsumsi kopi hitam pahit diketahui mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit alzheimer ini.

5.     Membuat Pikiran Lebih Rileks

Konsumsi kopi juga sangat membantu membuat isi otak jadi lebih tenang. Otak tentu tidak bisa terus bekerja keras sepanjang hari. Harus ada waktu bagi otak untuk beristirahat. Aroma dan rasa kopi bisa membantu memberi rasa tenang sehingga kerja otak juga menjadi lebih ringan. Setelah beristirahat sejenak, otak akan jauh lebih siap untuk kembali berpikir dan bekerja.

Itulah manfaat kopi hitam tanpa gula untuk otak Anda. Jenis kopi yang satu ini sangat simpel untuk dibuat dan dinikmati. Cita rasa yang pahit justru menjadi seni tersendiri bagi para pecintanya. Bahkan dari rasa pahit tersebut, rasa asli kopi bisa  Anda dapatkan dan tentu membuat pengalaman menikmati kopi semakin sulit untuk dilupakan.

shares