Tarapkan Gaya Hidup Sehat Orang Jepang
0 Comments

Banyak artikel kesehatan menyebutkan bahwa gaya hidup sangat mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh kita. Kita menginginkan diberi umur panjang dan terhindar dari segala penyakit, namun sering kali masih menyepelekan kebiasaan-kebiasaan yang bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Kali ini kita akan belajar dari gaya hidup negara jepang. Selain memiliki gaya hidup yang disiplin dan teratur, Jepang juga memiliki gaya hidup yang menyehatkan. Diketahui, Jepang adalah salah satu negara yang memilki indeks harapan hidup tinggi. Sehingga tidak heran jika banyak orang Jepang yang masih tetap sehat dan bugar di usia yang tidak muda lagi.

Kebiasaan Orang Jepang Untuk Kesehatan

Berikut adalah 7 gaya hidup orang jepang yang pantas ditiru untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain :

  1. Berhenti makan sebelum kenyang

Berlebih-lebihan dalam segala hal memang bukanlah hal yang baik, termasuk pada saat kita makan. Kebiasaan orang Jepang untuk berhenti makan sebelum kenyang telah membuktikan bahwa pola ini dapat membuat mereka lebih sehat. Prinsip ini dikenal dengan “hara hachi bu” yang artinya “makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Selain itu, makan dengan pelan-pelan akan memudahkan organ melakukan percernaan dan inilah salah satu rahasia mengapa orang jepang langsing dan sehat.

  1. Tinggalkan kendaraan dan selalu berjalan kaki

Berbanding terbalik dengan kebiasaan orang Indonesia yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Orang Jepang lebih memilih meninggalkan kendaraannya dan membiasakan untuk berjalan kaki. Tanpa disadari menjalankan aktivitas sehari-sehari dengan berjalan kaki berarti kita telah berolahraga dan mengurangi polusi udara. Hal inilah mengapa orang Jepang terlihat bahagia, tetap segar dan awet muda.

  1. Lebih memilih mengkonsumsi ikan dibandingkan daging

Mengkonsumsi ikan menjadi hal yang wajib bagi orang Jepang. Terdapat suatu alasan mengapa orang Jepang lebih memilih mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan daging. Menurut riset bahwa lemak yang terkandung dalam ikan mengandung omega 3 dan DHA yang sangat baik untuk menjega kesehatan pada jantung dan meningkatkan daya kognitif pada otak. Sedangkan lemak pada daging mengandung justru mengandung kolesterol yang apabila di konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung.

  1. Suka makan sayuran

Hampir semua orang tau kalau memakan sayuran dapat membuat tubuh menjadi sehat. Pada dasarnya mengkonsumsi sayuran merupakan kebiasaan dikenalkan dari kecil oleh orang tua kita, namun seringkali kita melewatkannya. Berbeda dengan orang Jepang, demi menerapkan pola hidup sehat mereka selalu menyisipkan sayuran dalam makanannya. Hal itu dapat kita lihat dari menu makanan orang Jepang yang tak luput dari sayur-sayuran.

  1. Mengurangi makanan manis

Kebiasaan dari kita memilih makanan penutup (desert) yang manis-manis. Orang Jepang lebih memilih buah-buahan atau teh hijau sebagai makanan penutupnya dibandingkan mengkonsumsi makanan manis. Kebiasaan inilah yang membuat mereka terhindar dari penyakit obesitas dan diabetes.

  1. Mengolah makanan secara sederhana dan tidak lama

Kebiasaan dari orang Jepang yang dapat membuat tubuh lebih sehat ialah mengolah makanan secara sederhana dan tidak lama. Di Jepang kebanyakan orang mengelola makanan dengan sederhana yaitu direbus, dipanggang atau ditumis sebentar. Dengan cara memasak semacam ini, gizi yang terdapat dalam makanan tidak akan hilang dan radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak menjadi sangat minimal.

  1. Tidak sering mengkonsumsi makanan siap saji

Ada banyak hal yang membuat makanan siap saji bukanlah pilihan makanan alternatif terbaik. Salah satunya ialah bahwa makanan siap saji memiliki kandungan garam dan natrium yang tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan tubuh. Orang Jepang rela tidak makan daripada memakan makanan siap saji atau lenih memilih untuk menunggu 15-60 menit untuk mengolah makanan yang sehat.

Nah itulah beberapa kebiasaan baik orang jepang soal kesehatan yang banyak disebutkan pada artikel kesehatan. Selamat mencoba dan panjang umur.

shares