Pendidikan Anak Usia Dini
0 Comments

Kesadaran masyarakat saat ini mengenai pendidikan memang telah memiliki banyak kemajuan. Terlebih lagi dalam pendidikan anak usia dini, cara pembentukan karakter anak masih sangat mudah bila dibandingkan dengan anak yang telah menginjak usia sekolah dasar. Pembentukan karakter anak melalui parenting kini memang tengah gencar dilakukan, program parenting PAUD tidak dapat dilakukan bila orang tua tidak mendukung secara penuh kegiatan parenting tersebut. Lalu seperti apa kegiatan program parenting PAUD yang baik untuk dilakukan?

Komponen Penting Dalam Program Parenting Untuk PAUD

  1. Home education video

Program ini merupakan sebuah program dimana para guru atau lembaga sekolah mengirimkan video kepada orang tua dalam bentuk kepingan CD atau VCD. Didalamnya terdapat rekaman kegiatan pembelajaran anak anak disekolah. Sehingga para orang tua dapat mengetahui seperti apa kegiatan anak mereka saat di sekolah.

  1. Bazar day

Program parenting PAUD yang satu ini tergolong penting dilakukan, dengan adanya program ini dapat memunculkan kreatifitas anak serta kepercayaan diri mereka. Dalam kegiatan PAUD sudah pasti anak sering membuat berbagai kerajinan ataupun gambar. Bazar day sebagai fasilitas unjuk gigi mereka dalam menampilkan hasil karyanya yang dijual kepada orang tua ataupun untuk umum. Sehingga setiap kreatifitas atau hasil karya anak bukan hanya mendapat nilai plus dari guru, tetapi juga akan mendapatkan apresiasi langsung dari orang tua ataupun umum.

  1. Field trip

Field trip merupakan salah satu program penting parenting untuk PAUD yang sangat membutuhkan peranan orang tua.Program darmawisata atau kunjungan wisata ke berbagai tempat tersebut dapat menunjang kegiatan pembelajaran PAUD. Misalnya saja mengunjungi museum, pelabuhan, bandara, atau berbagai tempat yang berkaitan erat dengan tema pembelajaran di sekolah. Pastinya lembaga sekolah atau para guru akan merasa kewalahan bila anak tidak didampingi dengan orang tua mereka.

Itulah beberapa program parenting PAUD yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pembentukan karakter anak. Pastinya beragam program tersebut membutuhkan persiapan serta pematangan program, agar dapat berjalan dengan lancar. Dan inilah peranan penting untuk kekompakan orang tua beserta lembaga sekolah.

Deskripsi : program parenting PAUD ada berbagai macam yang dapat dilakukan, semuanya membutuhkan perencanaan.

shares