Cara Mengatasi Diare dengan Mengonsumsi 3 Jenis Makanan Terbaik
0 Comments

Frekuensi buang air besar yang meningkat dan disertai dengan tubuh yang mendadak lemas sangat mengganggu aktifitas. Selain mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter, cara mengatasi diare juga harus memperhatikan jenis makanan yang dipilih. Alasannya, tidak semua jenis makanan membantu proses penyembuhan. Makanan berlemak, contohnya, dapat membuat perut kembung sehingga diare semakin parah.

3 Jenis Makanan yang Sangat Dianjurkan untuk Mengatasi Diare

  • Air Kelapa

Saat seseorang terkena diare, banyak cairan tubuh yang hilang karena terus menerus dikeluarkan saat buang air kecil ataupun buang air kecil. Apabila tidak segera dicegah, maka akan mengakibatkan dehidrasi. Gejala yang muncul seperti bagian mulut dan permukaan kulit yang menjadi kering. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meminum air kelapa.

Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan air kelapa untuk memenuhi asupan elektrolit dalam tubuh. Saat diare, dianjurkan untuk meminum air kelapa sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari, dan sebaiknya tanpa menambahkan bahan pemanis. Apabila terlalu berlebihan, maka akan memicu hiperkalemia yakni kelebihan kalium mengingat kandungan kalium pada air kelapa tergolong tinggi.

  • Apel

Buah mungil ini merupakan salah satu jenis makanan yang dapat membantu penyembuhan diare. Bahkan apel masuk dalam deretan makanan dalam diet BRAT (Bananan, Rice, Apple, Toast) khusus penderita diare. Alasannya, apel tidak mengandung banyak serat, dan lemak sehingga aman dikonsumsi, dan lebih mudah dicerna oleh organ pencernaan yang tengah bermasalah.

Cara mengonsumsi apel dapat secara langsung dimakan, dijadikan bubur menggunakan blender, atau dijadikan saus dengan cara dipanaskan hingga empuk bersamaan dengan air lemon dan bahan lain. Khusus orang dewasa, konsumsi apel dapat diterapkan selama diare dalam frekuensi yang sering. Namun, tidak dianjurkan untuk anak-anak dan balita mengingat mereka masih membutuhkan asupan gizi seimbang sekalipun sedang diare.

  • Roti Panggang

Masih menu makanan dalam diet BRAT, salah satu yang dapat dicoba adalah roti panggang. Dijamin pasti tidak akan ada yang menolak untuk memakannya, bukan? Selain rasanya yang enak, ternyata makanan tersebut dapat membantu menyembuhkan diare. Dengan mengonsumsi roti panggang secara rutin selama terkena diare, maka feses akan berangsur menjadi padat kembali.

Selain itu, roti panggang juga dapat mengurangi rasa mual akibat perut yang terasa kembung saat diare. Manfaat lain adalah memberikan asupan energi bagi tubuh berkat kandungan karbohidratnya. Dengan begitu, akan mencegah penderita dari rasa lemas. Namun, hal yang perlu dihindari yaitu mengonsumsi roti panggang bersamaan dengan susu.

Sekarang pasti sudah tidak bingung lagi memilih makanan saat terkena diare. Walaupun jenis makanan tersebut tidak memberikan efek penyembuhan secara langsung, namun setidaknya dapat membantu dalam prosesnya. Mengingat makanan yang masuk dapat berpengaruh pada penyembuhan. Makanan pedas, misalnya, walaupun enak tetapi harus dihindari karena dapat mengiritasi organ pencernaan yang justru harus disembuhkan saat diare.

shares