Peluang Bisnis Sayuran Organik, dari Produksi hingga Distribusi
0 Comments

Trend konsumsi makanan organik saat ini telah menjadi lifestyle bagi masyarakat kelas menengah ke atas. Tak hanya makanan impor, pasokan bahan pangan organik dari petani dan peternak lokal juga sudah mulai bersaing. Inilah beberapa peluang bisnis organik mulai dari produksi hingga distribusi.

Pertanian Organik Menggunakan Modal yang Lebih Sedikit

Hal yang paling sering dikeluhkan oleh para petani konvensional adalah modal yang mereka keluarkan untuk menanam jauh lebih besar dibandingkan hasil panen yang sedikit. Sedangkan para petani organik yang menggunakan cara-cara alami dengan pupuk dan pestisida buatan sendiri bisa mendapatkan keuntungan berkali lipat dari hasil panen konvensional.

Memang memilih Belajar Bertani dengan cara organik terkesan lebih repot dan capai pada awalnya. Apalagi jika Anda ingin memulai bertani organik di tanah yang telah bertahun-tahun digunakan dengan cara bertani konvensional. Butuh waktu sekitar dua sampai empat tahun untuk menetralisir tanah dari sisa residu kimia yang diakibatkan oleh pertanian konvensional.

Bertani secara organik juga melatih para petani agar bisa lebih kreatif menyemai bibit dan menemukan varietas yang tepat dan dapat bertahan dari serangan hama. Meski dalam pertanian organik dikenal juga prinsip penanaman tanaman pendamping untuk mengusir hama, namun petani khususnya yang menanam padi tetap dituntut menemukan varietas unggul secara mandiri.

Meski terlihat sulit, proses pertanian organik ini akan lebih mudah jika diterapkan dalam satu kelompok tani. Jadi Anda tidak hanya bereksperimen sendiri namun juga bisa berdiskusi menentukan cara menanam dan merawat tanaman dengan baik pada rekan sesama petani.

Modal awal yang dikeluarkan petani pun cukup murah. Bibit biasanya disuplai oleh kelompok tani sedangkan untuk kompos dan pestisida diproduksi secara mandiri. Penanaman tanaman pendamping umumnya juga tidak memakan biaya yang terlalu besar. Modal awal bisa ditekan hampir setengahnya jika Anda menggunakan cara organik.

Hasil Panen Umumnya Dihargai Cukup Tinggi

Bahan pangan organik saat ini masih dipandang sebagai bahan pangan ekslusif yang memiliki daya jual tinggi. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para petani organik. Apalagi saat ini ada banyak perusahaan e-commerce yang menjadi penghubung langsung para petani ke konsumen. Khususnya untuk sayuran dan buah-buahan organik.

Situs e-commerce seperti kecipir.com, Keranjang Sayur atau Sayurbox saat ini semakin berkembang dengan merangkul para petani dan peternak lokal. Harga jual yang mereka tawarkan terbilang murah untuk konsumen organik dan mereka tetap bisa menghargai tinggi hasil panen dari petani.

Harga jual dari petani yang menggunakan cara organik umumnya dihargai paling tingg hingga dua kali lipat dari hasil panen konvensional. Hal ini tentu sangat adil mengingat cara perawatan tanaman organik yang sedikit lebih sulit dari cara pertanian konvensional.

Distribusi Langsung Masih Menjadi Primadona

Saat ini, umumnya para petani organik apalagi yang sudah memiliki sertifikat serta kualitas panen yang stabil memilih untuk mendistribusikan hasil panennya melalui pihak ketiga. Selain harga jual yang didapatkan lebih mahal, sayuran organik akan sampai ke tangan konsumen dalam keadaan fresh.

Jika Anda ingin memulai bisnis pertanian organik sebagai distributor, Anda bisa memulainya dengan mencari komunitas-komunitas yang menerapkan pola hidup sehat atau pengguna bahan pangan organik sebagai sasaran.

Temukan juga mitra petani Cabai yang terjamin kualitas panennya juga terpercaya sebagai supplier tetap Anda. Kebanyakan petani lokal agak kesulitan mengajukan sertifikat organik yang memakan biaya cukup tinggi. Jadi sangat mungkin Anda menemukan mitra petani yang sudah menerapkan cara organik namun belum memiliki sertifikat.

Sebagai distributor, tugas Anda hanya menjemput langsung hasil panen dari mitra petani. Mengemas dan menimbangnya sesuai pesanan. Lalu mengantarkan pesanan pada konsumen. Distribusi langsung seperti ini masih menjadi primadona di pendistribusian bahan pangan organik karena umumnya konsumen adalah masyarakat kelas menengah ke atas.

Itulah beberapa peluang bisnis pertanian organik mulai dari produksi hingga distribusi. Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat semakin banyaknya permintaan pasar terhadap bahan pangan organik dan meningkatnya minat masyarakat untuk memulai hidup sehat.

shares