Tips Bepergian Saat New Normal Agar Lebih Aman

Berdiam diri merupakan cara termudah dan teraman untuk menghindari penularan covid 19. Tetapi, terkadang Anda dituntut untuk keluar ke sebuah kawasan. Untuk itulah, Anda butuh tips bepergian saat new normal ini. …

Cara Mengatasi Diare dengan Mengonsumsi 3 Jenis Makanan Terbaik

Frekuensi buang air besar yang meningkat dan disertai dengan tubuh yang mendadak lemas sangat mengganggu aktifitas. Selain mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter, cara mengatasi diare juga harus memperhatikan jenis makanan yang …

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak-Anak

Bukan hanya akan menyerang orang dewasa saja ya, penyakit radang tenggorokan juga bisa dialami oleh anak-anak. Pada saat anak mengalami radang tenggorokan umumnya dia akan merasa tidak nyaman, nafsu makan berkurang …

Perbaiki Remote TV yang Rusak
0 Comments

Remote tv Anda menumpuk di rumah? Semua rusak dan tidak terpakai? Anda tidak mengerti cara memperbaiki remote yang rusak? Ingin tahu bagaiamana cara memperbaiki remote tv?

Remote tv merupakan salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan dari tv itu sendiri. Jika kita membeli tv pastilah kita mendapat remotenya. Seringkali remote tv tidak berfungsi dengan baik, bahkan ada yang rusak. Jika tidak bisa digunakan, kita seringkali memukul mukul remote tv ke tembok atau tangan. Padahal kebiasan ini bisa berakibat fatal pada rangkaian dalam remote tv.

Remote yang rusak terkadang disebabkan karena hal-hal yang sepele, seperti jatuh atau tidak sengaja kesenggol atau basah kena air dan sebagainya. Jika Anda tidak mengerti cara memperbaikinya, pasti Anda akan langsung membeli remote yang baru. Nah, daripada Anda membeli remote tv di toko elektronik atau menggunakan jasa service tv untuk memperbaiki remote Anda. Sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi atau memperbaiki remote tv yang rusak.

Cek Baterai

Baterai menjadi satu-satunya sumberdaya yang terdapat di dalam remote tv. Untuk itu, sangat penting memastikan bahwa baterai yang Anda gunakan memang masih layak dan memiliki daya yang cukup untuk mengoperasikan remot tersebut. Setidaknya, baterai harus memiliki tegangan lebih dari 1 volt DC, sehingga baterai ini bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Jika tegangan baterai berada di bawah angka tersebut, maka bisa dipastikan remote tv tersebut tidak akan berfungsi.

Ganti Baterai

Jika daya baterai sudah lemah dan tegangannya kurang dari 1 volt DC, cobalah untuk melakukan pengantian baterai remote dengan yang baru. Pilihlah baterai yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga remot bisa bekerja dengan baik. Setelah mengganti baterai yang baru, segera test remote tv untuk mengetahui kinerja remote tersebut.

Periksa Konektor Baterai

Bukan hanya pada baterai saja, lakukan pengecekan pada bagian konektor baterai pada remote juga. Hal ini sangat penting dilakukan sejak awal, sebab bisa saja konektor dalam kondisi kotor atau bahkan sedikit berkarat. Kondisi konektor yang seperti ini sudah pasti akan menghalangi daya baterai ke remote, sehingga tidak bekerja dengan baik. Bersihkan konektor dengan benar terutama jika terdapat karat pada bagian tertentu.

Bersihkan Bagian Keypad

Bila setelah penggantian baterai, remote belum bisa bekerja dengan baik, lakukan pengecekan pada bagian keypad remote. Bagian ini rentan dan sering terkena kotoran dan cairan, hal ini tentu bisa mengganggu kinerja remote. Cek bagian-bagian keypad remote secara teliti dan bersihkan setiap bagian dengan baik, sehingga semua kotoran yang menempel bisa hilang dengan menyeluruh.

Cek Printed Circuit Board (PCB)

Periksa PCB adalah langkah yang wajib dilakukan. Bongkar dan cek PCB pada bagian papan yang menjadi tempat berbagai komponen remote disolder dengan teliti. Lakukan pembongkaran ini dengan hati-hati menggunakan obeng kecil atau cutter, sehingga bagian body dan komponen lainnya di dalam remote tidak akan mengalami kerusakan. Pastikan semua bagian yang tersolder dalam kondisi baik. Hal ini sangat penting, sebab jika tidak terpasang dengan baik maka remote tersebut tidak bisa digunakan. Jangan lupa cek satu persatu komponen yang terpasang di sana, sehingga semua komponen berada pada posisi yang baik.

Keringkan Bagian yang Basah

Pastikan semua bagian dalam kondisi kering dan tidak lembab, hal ini tentu dapat merusak komponen dan membuat remote tidak bisa bekerja dengan maksimal. Jika ternyata ada bagian dalam remote yang basah akibat cairan, segera lap dan keringkan. Cairan yang masuk dan mengenai komponen dalam remote, bisa jadi akan merusak dan membuat perangkat mati total atau tidak berfungsi sama sekali.

Memperbaiki remot tv tentu akan membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. Apabila Anda ingin membongkar remote tv Anda, Anda akan melihat banyak komponen yang terpasang didalamnya. Bukan hanya itu saja, sebagian besar komponen ini berukuran sangat kecil, sehingga Anda harus membongkarnya dengan hati-hati. Rawatlah semua perangkat elektronik dengan baik, sehingga awet dan dapat digunakan dengan maksimal. Jaga juga kebersihan remot serta tv itu sendiri dengan rajin membersihkannya.

shares